Rabu, 07 November 2012

BAGAIMANA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KE MASYARAKAT


Sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role teory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Sedangkan koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Maka dari itu untuk membuat koperasi menjadi lebih baik lagi perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui apa itu koperasi. Hal ini dilakukan agar dalam pembentukan koperasi baru dilingkungan masing-masing dapat menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang benar yang meliputi tata cara pembentukan koperasi baru, dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang proses terbentukya koperasi baru, serta mendapatkan masukan untuk perencanaan program kegiatan pemberdayaan koperasi. Selain itu dapat pula dilakukan pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat yang belum mengerti apa itu koperasi. Karena pada saat ini koperasi dan ukm memiliki media yang dapat memberikan pengetahuan mengenai koperasi. Mensosialisasikan koperasi juga dapat dilakukan melalui beberapa media massa dan media elektroni dengan memasang iklan layanan masyarakat. Karena sekarang ada beberapa iklan layanan msyarakat yang berbicara tentang koperassi. Dan dari situ juga masyarakat dapat mengetahui apa itu koperasi dan apa saja keutungan yang didapat dari koperasi.
Setelah kita mengetahui apa itu koperasi, ada baiknya juga kita tahu bagaimana cara mensosialisasikan koperasi Indonesia ini. Caranya bisa dengan menggunakan media-media yang sudah ada, bisa dengan media elektronik maupun non elektronik. Kita bisa saja memperkenalkan koperasi dengan berbagai cara yang bisa menarik perhatian masyarakat luas dan juga kalangan anak muda. Contohnya ialah dengan maraknya mensosialisasikan sesuatu melalui internet, contohnya saja youtube. Kita bisa saja membuat iklan atau film kecil tentang koperasi lalu menyebarkannya ke youtube agar orang-orng bisa melihatnya, tentu lebih mudah dan juga efisien. Karena di zaman sekarang ini, apa-apanya selalu saja berhubungan dengan teknologi. Orang-orang pasti setiap harinya akan dihadapkan dengan sesuatu yang berbau teknologi, yang sekarang makin marak saja dan mutakhir. Masyarakat jaman sekarang, tentu lebih suka belajar dan melihat secara virtual daripada membaca buku yang setebal – tebal kamus besar Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Atau juga dengan cara lama, kita bisa mengumpulkan masyarakat, warga- warga, lalu kita beri mereka pembinaan tentang koperasi, menjelaskan apa-apa saja itu koperasi, apa gunanya, fungsinya untuk masyarakat luas, sehingga masyarakat jadi lebih tau dan bisa memanfaatkan koperasi untuk memajukan perekonomian mereka, sehingga perekonomian di daerah mereka jadi meningkat juga, otomatis tingkat perekonomian di Indonesia lama-lama juga akan ikut meningkat sejalannya dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin sehat di masyarakat.
Dengan adanya sosialisasi ini, kita dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, antara lain pembentukan koperasi harus berkeinginan seluruh calon anggota koperasi. Memberikan kesadaran kapada masyarakat mengenai arti penting berkoperasi,koperasi yang dibentuk haruslah melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, serta menghindari pembentukan koperasi hanya untuk kepentingan sesaat dari beberapa orang saja,Agar tujuan dari sosialisasi ini dapat terwujud dengan lancar dan baik. Peran pemerintah pun diperlukan dalam hal ini. Media massa pun diperlukan dalam hal ini. Dimana dengan menggunakan media massa akan lebih mudah dalam mempromosikan koperasi. Tetapi tidak selalu dengan media massa, kita harus terjun langsung untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.
semua media elektronik dan media cetak turut andil dalam mensosialisasikan koperasi, dengan menggunakan atau memanfaatkan media elektronik walaupun biaya agak sedikit mahal, tetapi sangat efektif karena dapat di siarkan berulang ulang kali sehingga pengenalan koperasi ke masyarakatpun sangat efektif. Terlebih jika kita mensosialisasikannya secara langsung terjun kelapangan, itu akan lebih efektif lagi karena penyampaian yang akan lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Dan diikut sertakan juga mengenai promosi barang-barang yang akan ditawarkan di dalam koperasi sehingga akan menarik simpatik masyarakat untuk membelinya dan minat masyarakat akan semakin meningkat.
koperasi memiliki banyak keuntungan di zaman yang telah modern ini. Banyak masyarakat yang ingin menjadi pengusaha karena saat ini membuka usaha lebih jauh menguntungkan dibanding gaji pegawia. Tetapi dalam hal ini tidak sedikit seorang yang mau membuka usaha mempunyai modal yang cukup untuk membuka usaha. Maka dari itu koperasi menyediakan solusinya yaitu dengan koperasi simpan pinjam atau dengan koperasi kredit yang memberikan pinjaman dengan prosedur yang mudahdibanding dengan lemabaga usaha lainnya. Dan juga bunga yang diberikan tidak sebanyak lembaga lain karena koperasi ini masih bernaung dibawah lembaga pemerintahan. Pemerataan adanya koperasi dipedesaan pun sangat perlu dilakukan, dengan adanya koperasi masyarakat di desa akan sangat terbantu dalam berbagai aspek. Yang pertama masyarakat ini akan sangat terbantu dalam hal pemenuhan bahan baku, karena dikoperasi harga jual dari suatu barang dagang akan jauh lebih murah.
Selain dari media cetak, cara mensosialisasikan koperasi yaitu dengan diadakannya seminar tentang koperasi khususnya kepada anak-anak sekolah ataupun mahasiswa. Misalnya SD, SMP, SMA ataupun kuliah.hal ini dimaksudkan agar siswa dan mahasiswa tersebut mengenal betul apa itu koperasi dan siapa tahu banyak yang tertarik dan berminat untuk menjadi anggota koperasi nantinya. Seminar disini seharusnya dari pembicara yang handal tentang koperasi atau bisa juga menteri perekonomian sekalipun agar masyarakat tahu lebih dekat tentang koperasi. bukan hanya dari tingkat sekolah atau perguruan tinggi saja, tetapi bisa penyuluhan di berbagai RT, RW atau kelurahan. Dengan target ibu rumah tangga juga bapak-bapak yang ingin bergabung bersama koperasi ini. Lalu setelah itu mungkin diadakan perekrutan anggota baru untuk menjadi anggota kperasi.
Pentingnya sosialisasi koperasi diadakan, agar dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, Memberikan kesadaran kepada masyarakat arti penting berkoperasi, serta memberikan pengetahuan yang lebih banyak lagi akan koperasi.  koperasi yang dibentuk haruslah melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, dasar dan nilai dari koperasi itu sendiri dan tak melupakan jadi diri dari koperasi itu sendiri. serta menghindari pembentukan koperasi hanya kepentingan sesaat dari beberapa orang saja. Apabila sosialisasi ini dapat memberikan  penjelasan atau motivasi kepada masyarakat arti penting berkoperasi, maka anggota koperasi sudah menanamkan bibit yang baik bagi kepentingan perekonomian Indonesia.
Mensosialisasikan tentang koperasi dizaman sekarang ini memang tidak mudah karena banyak masyarakat yang masih memandang koperasi dengan sebelah mata. Banyak tantangan yang harus dihadapi jika menjadikan sesuatu lebih baik lagi.  Coba bandingkan dengan badan usaha lain seperti swasta, swasta paham akan kemajuan teknologi dan mereka membuka mata akan peluang yang didapat melalui era globalisasi ini.
Maka dari itu koperasi jangan mau kalah bila dibandingkan dengan pihak swasta, koperasi sendiri diharapkan dapat sangat membantu  mensejahterakan anggota-anggotanya untuk dikehidupan sehari-hari, khususnya dipedesaan agar dapat memperbaiki perekonomian Indonesia juga tentunya. Memiliki masyarakat yang hidupnya sejahtera merupakan cita-cita terbesar bangsa Indonesia. Saya mengharapkan agar kemajuan koperasi dapat meningkat dan bertahan menjaga keeksistensiannya sebagai badan usaha yang menjadi badan usaha yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum dan anggota koperasi khususnya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar